Home » » Mencari Agen Sastra

Mencari Agen Sastra


Saya menyinggung hal ini secara singkat di salah satu artikel saya yang lain, tapi ini adalah sesuatu yang pantas mendapat perhatian lebih. Entah Anda adalah penulis pertama atau penulis yang telah dipublikasikan sebelumnya, pertanyaan tentang mendapatkan agen selalu muncul. Disini saya berharap bisa membantu menjawab pertanyaan itu dengan mengikuti tiga langkah mudah.


  • Langkah 1 - Tentukan apakah agen dibutuhkan atau tidak.

Jawabannya tergantung sepenuhnya pada jenis pekerjaan apa yang Anda miliki dan apa yang ingin Anda lakukan dengannya. Misalnya, jika Anda telah menulis sebuah cerita pendek, puisi, atau artikel, agen mungkin tidak diperlukan. Jika Anda telah menulis sebuah novel, maka cari agen pasti ada dalam daftar hal-hal yang perlu dipertimbangkan.


  • Langkah 2 - Pastikan bahan Anda siap untuk agen

Jika Anda telah memutuskan bahwa Anda memerlukan agen, langkah selanjutnya adalah memastikan materi Anda sesuai. Jika Anda seorang penulis mapan, Anda mungkin bisa lolos dengan mengirimkan sebagian naskah Anda dan mungkin juga garis besar sisanya. Seorang penulis mapan mungkin tidak akan pernah membaca artikel ini juga. Jika Anda seorang penulis baru atau tidak dikenal, maka Anda harus siap menyerahkan keseluruhan naskah Anda jika itu adalah fiksi. Penulis non-fiksi mungkin hanya diminta untuk mengirimkan beberapa bab dan garis besar.


  • Langkah 3 - Mencari agen

Dapatkan dalam kerangka berpikir yang benar untuk ini. Menemukan agen, dan menemukan agen yang akan berada di pihak Anda adalah dua hal yang berbeda. Ketika saya membeli mobil dari dealer, saya memastikan bahwa saya tahu di mana kedua tangannya selalu ada. Dengan mengatakan itu, Anda dapat mencari agen seperti yang Anda inginkan untuk hal lain, referensi dari teman atau kolega yang mungkin telah dipublikasikan, Internet, dan buku referensi.

Ada juga buku yang bisa Anda baca yang akan membantu dalam pencarian Anda. Pencarian Google yang cepat, atau pencarian di salah satu situs buku besar akan menghasilkan banyak pilihan dan karena saya biasanya mengandalkan internet untuk penelitian, saya tidak dapat menyebutkan buku yang cukup familiar bagi saya untuk direkomendasikan. Saya segera mencari agen sastra di Amazon dan menemukan beberapa pilihan bagus. Ada yang mengatakan lebih baik menggunakan panduan tercetak saat mencari agen karena daftar Internet sering kali membengkak dengan entri daftar yang dibuat oleh publik. Saya pasti bisa melihat kekhawatiran dengan hal itu, jadi saya akan mengatakan bahwa Anda menggunakan penilaian Anda sendiri di sini.

Sebuah Firman Perhatian:

Ini adalah bagian dari artikel yang saya benci menulis tentang. Sayangnya, dunia yang kita jalani saat ini kurang sempurna. Ada orang di luar sana yang menyebut dirinya agen, orang-orang yang sah dalam profesinya, tapi hanya sedikit atau tidak mengenalnya. Saya sangat menyarankan Anda membaca lebih dari artikel ini untuk beberapa hal yang harus memicu "bendera merah" selama pencarian Anda untuk perwakilan. Saya akan membahas beberapa hal yang lebih terang-terangan.

Biaya dimuka:

Biaya membaca, biaya penanganan atau pengiriman, dan biaya evaluasi tidak boleh dianggap normal. Tidak peduli bagaimana seseorang menamainya, biaya adalah biaya, dan agen yang sah tidak akan memerlukannya.

Menjual Layanan Tambahan:

Beberapa agen berafiliasi dengan penyedia layanan lain seperti perancang web atau spesialis pemasaran dan akan mencoba mendorong layanan ini pada Anda. Ingatlah bahwa sampai karya Anda dipublikasikan, Anda tidak memerlukan layanan semacam itu dan tidak diminta untuk membayarnya.

Setiap usaha oleh agen untuk meminta Anda untuk mendaftar ke layanan tambahan yang memerlukan biaya harus mengingatkan Anda bahwa mungkin Anda harus mencari tempat lain. Agen sah dibayar persentase (10 sampai 15%) dari apa yang dapat mereka yakin penerbit untuk membayar Anda.

Setiap agen yang Anda hubungi harus memiliki rekam jejak yang terbukti dan memiliki referensi yang tersedia. Bahkan jika agen itu baru, Anda harus memastikan bahwa setidaknya dia memiliki latar belakang dalam penerbitan. Editor tahu siapa yang ada di luar sana dan nama baru, dengan rekam jejak yang tidak dapat diverifikasi tidak membawa banyak bobot.

Jika Anda memutuskan bahwa mengontrak agen sastra adalah demi kepentingan terbaik Anda, ikuti panduan di sini akan membantu dalam pencarian Anda. Dengan melakukan sedikit riset dan memeriksa kredensial, Anda harus menikmati hubungan baik dengan agen Anda. Ingatlah untuk mengawasi penipuan seperti sebelumnya sebelum menandatangani kontrak lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.