Home » » Menulis Untuk Mengingat - Tujuh Kunci untuk Mengambil Catatan yang Lebih Baik

Menulis Untuk Mengingat - Tujuh Kunci untuk Mengambil Catatan yang Lebih Baik


Ini adalah garis yang kebanyakan kita tidak silang - kita juga pencatat atau tidak. Sementara artikel ini mungkin tidak membuat orang mati-keras non-catatan berubah, itu akan memberi mereka beberapa alat untuk dicoba. Dan bahkan pencatat catatan paling rajin pun akan mendapatkan beberapa gagasan baru untuk ditambahkan ke pendekatan mereka.

Orang-orang tampaknya terbagi dalam catatan seperti pada isu politik tombol panas. Satu kelompok akan memberi Anda semua alasan mengapa mereka tidak mencatat:

 Saya lebih suka fokus mendengarkan.
 Saya tidak tahu harus menulis apa.
 Catatan mengambil tidak pernah bekerja untuk saya di sekolah.

Sementara peminat perhatikan akan bertentangan dengan:

 Membuat catatan membuatku tetap fokus.
 Saya selalu bisa melihat catatan saya - saya tidak harus bergantung pada ingatan saya.
 Membuat catatan bekerja untuk saya.

Sementara artikel ini mungkin tidak membuat orang mati-keras non-catatan berubah, itu akan memberi mereka beberapa alat untuk dicoba. Dan bahkan pencatat catatan paling rajin pun akan mendapatkan beberapa gagasan baru untuk ditambahkan ke pendekatan mereka.

Sebagian besar dari kita menggunakan teknik pengambilan catatan yang kita pelajari atau kembangkan saat di sekolah. Pada saat itu tujuan kami adalah mengakuisisi ilmu pengetahuan dengan tujuan membacakannya kembali pada ujian atau ujian. Sebagai orang dewasa, tujuan kita untuk mencatat biasanya sangat berbeda. Kami mencatat:

 Pertemuan kelompok
 Sebuah panggilan telepon
 Wawancara atau pertemuan tatap muka lainnya
 Lokakarya atau seminar
 Sebuah buku, artikel, newsletter atau podcast

Dalam semua kasus ini, sementara kami ingin memperoleh pengetahuan atau informasi, tujuan akhir dari catatan kami bukanlah sebuah ujian, namun penerapan dari apa yang telah kami pelajari. Seperti kebanyakan hal dalam hidup, ketika kita mengubah tujuan kita mungkin ingin memeriksa kembali dan mengubah teknik yang kita gunakan untuk mencapainya.

Berikut adalah tujuh cara untuk membuat catatan Anda menjadi lebih bermanfaat dan berharga bagi Anda:

Mulailah dengan akhir dalam pikiran. Mulailah dengan memahami mengapa Anda mengambil catatan. Jangan mengambil mereka karena Anda "seharusnya," bawa mereka karena Anda tahu apa atau bagaimana Anda bisa menggunakannya. Memiliki gambaran ini dalam pikiran Anda akan membantu Anda mengambil catatan yang benar tanpa terbuai untuk menuliskan semua hal.

Kehilangan linearitas. Kebanyakan orang mencatat yang sangat linier. Tidak semua ceramah, percakapan atau pertemuan mengikuti pola 1, 2, 3 atau garis besar yang ketat. Biarkan diri Anda mencatat tanpa format linier yang ketat. Akan ada waktu untuk menulis daftar, tapi ada juga kesempatan untuk komentar dan pemikiran yang lebih bebas.

Ambil ide. Saat Anda berada di bengkel atau percakapan, gagasan baru akan muncul. Mereka mungkin terhubung dengan situasi ini, atau mungkin juga tidak - entah bagaimana Anda ingin menangkap gagasan itu saat Anda memilikinya! Beri diri Anda izin untuk menuliskan ide Anda dengan catatan Anda.

Tangkap tindakan. Hal yang sedang Anda diskusikan atau pelajari (dan karena itu perlu dicatat) mungkin menyarankan langkah tindakan spesifik yang perlu Anda ambil. Jika Anda membuat catatan dalam pertemuan atau percakapan tatap muka, ini mungkin tampak jelas. Tapi sekali lagi, saat Anda terlibat dalam mencatat, Anda mungkin memikirkan langkah atau tugas baru. Pastikan Anda menuliskan ini dan tidak kehilangannya.

Kembangkan jalan pintas. Anda akan menemukan bahwa jika Anda menggunakan singkatan, atau mengembangkan steno lain yang sesuai untuk Anda, itu akan membuat catatan Anda menjadi lebih mudah dan cepat. Karena Anda mungkin tidak akan membagikan catatan Anda dengan siapa pun, sifat steno Anda bisa sangat pribadi. Teknik ini akan membantu mempercepat pengambilan catatan Anda.

Miliki format. Mungkin Anda akan menemukan bahwa mengembangkan format umum akan membuat catatan Anda menjadi lebih mudah, atau bahkan lebih menyenangkan. Saya membagi sebuah catatan yang memuat halaman menjadi dua kolom. Di kolom kanan saya mengambil catatan normal saya. Di kolom kiri saya menggambar bola lampu di bagian atas - di bawahnya saya menempatkan gagasan yang saya miliki selama situasi mencatat. Sekitar setengah jalan di kolom kiri saya menempatkan tanda cek di dalam kotak kecil. Ini adalah ikon saya untuk tindakan. Saya menulis tindakan yang saya pikirkan atau dihasilkan saat saya membuat catatan di bidang ini dari setiap halaman. Saya berbagi format saya sebagai contoh, Anda dipersilahkan untuk menggunakannya atau tampil dengan milik Anda sendiri!

Tinjau dan ringkaskan. Mungkin hal paling berharga yang bisa Anda lakukan terjadi setelah Anda selesai. Luangkan beberapa menit untuk meninjau catatan Anda - menambahkan kata-kata atau frasa yang akan membuatnya lebih jelas. Proses review akan membantu Anda mengingat dan membuat catatan lebih bermanfaat. Setelah Anda memeriksanya, luangkan beberapa menit untuk mencatat poin yang paling penting lagi. Ringkasan ini akan menjadi cara yang bagus untuk "mengunci" pembelajaran yang Anda dapatkan dari situasi ini.

Masing-masing dari tujuh hal ini dapat membantu Anda memperbaiki nilai catatan Anda. Jika Anda membuat catatan secara teratur, cobalah satu atau lebih dari pendekatan ini. Dan jika Anda bukan pengambil catatan, pertimbangkan gagasan ini sebagai cara untuk mencoba pendekatan baru dalam mencatat - yang mungkin memberi Anda nilai tanpa hambatan yang Anda hadapi di masa lalu.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Kontributor